SANITASI / KESEHATAN LINGKUNGAN

Seberapa Penting Lingkungan Hidup?

Adalah sebuah pertanyaan besar diatas yang semestinya dijawab oleh setiap individu (manusia) yang merupakan mahluk sempurna ciptaan Tuhan. Ya, itulah lingkungan. Lingkungan adalah sebuah maha karya Sang Maha Kuasa yang tidak akan tertandingi oleh siapapun. Disana tercipta beragam jenis kehidupan mulai dari mahluk bersel satu sampai bersel banyak. Dari mulai benda mati sampai yang bergerak yang satu sama lain tercipta untuk kehidupan.

Lalu, apa dan seperti apa lingkungan itu? Banyak para ahli lingkungan menafsirkan dengan pengertian yang berbeda. Tapi pada dasarnya adalah sama, yaitu suatu sistem tatanan kehidupan untuk menciptakan keharmonisan yang saling menguntungkan antara sesama mahluk Tuhan untuk mencapai kesejahteraan.

Saat ini, lingkungan telah menjadi topik dan isu utama yang berkelanjutan dibicarakan. Mulai dari ilegal logging sampai global warming. Pencemaran terhadap lingkungan semakin menjadi akibat “ULAH” manusia demi mendapatkan keuntungan dan kesejahteraan. Memang tidak salah untuk mengeruk dan memanfaatkan alam ini tapi minimalkan efek pengrusakan terhadap lingkungan. Al – Qur’an pada Surah Ar – Rum ( 30 ) Ayat 41 – 42. Disana dikatakan bahwa, ” Telah tampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebagian dari ( akibat ) perbuatan mereka agar mereka kembali ( ke jalan yang benar ). Katakanlah, ‘ Adakah perjalanan di muka bumi dan perhatikanlah bagaimana kesudahan orang – orang yang terdahulu, kebanyakan dari mereka itu adalah orang – orang yang menyekutukan  ( Allah SWT ). ” Jadi sepintas sudah dapat kita ketahui bahwa ternyata salah satu penyebab bencana dan kerusakan alam kita yang indah ini adalah akibat dari perbuatan kita selama ini yang tidak menghargai dan seenaknya saja merusak anugrah Tuhan yang indah ini. Banyak upaya pelestarian lingkungan yang mungkin bisa kita lakukan seperti :

  1. Pencegahan masalah air dilakukan dengan cara pencegahan pencemaran, pengamanan pintu-pintu air, pengunaan air tidak boros. Hutan-hutan disekitar sungai, danau, mata air dan rawa perlu diamankan. upaya untuk mengurangi pencemaran sungai diantaranya melalui program kali bersih (prokasih) terhadap sungai-sungai yang telah tercemar.
  2. Mencegah cara ladang berpindah / Perladangan Berpindah-pindah.Terkadang para petani tidak mau pusing mengenai kesuburan tanah. Mereka akan mencari lahan pertanian baru ketika tanah yang ditanami sudah tidak subur lagi tanpa adanya tanggung jawab membiarkan ladang terbengkalai dan tandus. Sebaiknya lahan pertanian dibuat menetap dengan menggunakan pupuk untuk menyuburkan tanah yang sudah tidak produktif lagi.
  3. Contoh perbuatan yang paling sederhana dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan hidup, yaitu dengan selalu membuang sampah pada tempatnya, dan tidak membuangnya sembarangan. Karena perbuatan membuang sampah sembarangan ini, dapat menyebabkan banjir. Karena banjir bisa terjadi akibat tertutupnya saluran-saluran air, sehingga air hujan atau air lainnya, tidak dapat mengalir dengan lancar atau renungkanlah kandungan surah Al – A’raf ( 7 ) Ayat 56 – 58 dapat kita ketahui, ” Dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi ini setelah Allah memperbaikinya dan berdoalah kepada Allah dengan rasa takut dan harapan untuk dikabulkan, sesungguhnya rahmat Allah sangat dekat dengan orang yang berbuat kebaikan. Dan Dialah yang meniupkan angin sebagai pembawa berita gembira sebelum kedatangan ramat-Nya berupa hujan, hingga apabila angin itu telah membawa awan mendung, Kami halau ke suatu daerah yang tandus, lalu Kami turunkan hujan didaerah itu, maka Kami keluarkan degnan sebab hujan itu berbagai macam buah2an, seperti itulah Kami membangkitkan orang – orang yang telah mati, mudah – mudahan kamu dapat mengambil pelajaran. Dan tanah yang baik, tanam – tanaman tumbuh subur dengan izin Allah dan tanah yang tidak ubur, tanam – tanaman hanya tumbuh merana, demikianlah Kami membuktikan tanda – tanda kebesaran Kami bagi orang – orang yang bersyukur. ”

Jadi jelas, bahwa lingkungan adalah salah satu komponen kehidupan yang sangat penting untuk kita jaga dan rawat dengan sebaik-baiknya. Manfaatkan lingkungan dengan secukupnya untuk kesejahteraan dan kelangsungan hidup manusia dan mahluk hidup.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s